Ternyata ini alasan kenapa kita harus registrasi sim card kita....

Jaman sekarang ponsel atau biasa disebut handphone hampir menjadi barang primer. Karena hampir semua orang memegang handphone dari tukang becak sampai pejabat semua memilikinya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena jika kita tidak mengikuti kemajuan jaman maka sudah dipastikan kita akan terlindas. Ponsel tidak dapat lepas dari sim card karena tanpa sim card ponsel tersebut tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi. Pada akhir-akhir ini ada pemberitaan bahwa bagi pengguna kartu prabayar diwajibkan untuk melakukan registrasi dengan mencantumkan KTP dan nomer kartu keluarga. Otomatis pemberitaan ini menjadi kekhawatiran bagi pengguna kartu prabayar yang sering gonta ganti kartu.
Himbauan ini bukan berasal dari jasa provider tetapi langsung dari pemerintah. Karena himbauan ini langsung dari pemerintah maka dipastikan hukumnya wajib dan ada konsekuensi bagi yang tidak melakukan registrasi.

Terus gimana caranya kita melakukan registrasi?
Cara yang harus dilakukan sangat mudah, cukup kirimkan SMS dengan format REG#(NIK)#(No KK) lalu kirim ke 4444. Konsekuensi yang dapat terjadi jika kita tidak melakukan registrasi adalah kartu lama kita akan diblokir atau kartu baru kita tidak dapat diaktivasi.

Apa tujuan utama pemerintah mengeluarkan peraturan tersebut?
Sebenarnya tujuan utama dari pemerintah adalah untuk mengurangi penyalahgunaan ponsel untuk tindakan kriminal. Hal ini berdasarkan kejadian-kejadian yang banyak terjadi selama ini. Oleh karena itu pemerintah pada tahun ini mengeluarkan kebijakan tersebut. Diharapkan dengan kebijakan ini tingkat kriminalitas dapat ditekan. Peraturan resminya tercatat di Peraturan Menteri Nomor 12 Tahun 2016 tentang registrasi pelanggan jasa telekomunikasi.
Transaksi non tunai jadi lebih aman. Hal ini karena transaksi yang dilakukan oleh pelanggan yang belum melakukan registrasi akan diberhentikan terlebih dulu.


0 Response to "Ternyata ini alasan kenapa kita harus registrasi sim card kita...."

Post a comment

Iklan Atas Artikel display

Iklan Tengah Artikel 1 link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel